Vhivi Queensyca's Blog

Budaejjigae

Posted on: Januari 9, 2010

Makanan ini juga dikenal sebagai sup ham. Ada yang udah pernah nyoba belom? Ini masakan bisa dimasak sendiri di rumah, hemmmmm jadi ngebayangin Wokkie oppa masakin gw dahh.. Gyahahahah asikasikk nyamnyamm. Enak oppa.. Jadi makin cinta. hhi. Tapi juga bisa ditemuin di restoran khusus yang woke punya, terutama restoran yang menjual khusus Budaejjigae yang terkumpul di satu daerah, Eujeonbu.

Udah tau belom kalo jenis masakan Jjigae itu tuh semacem sup tapi kuahnya dikit dibanding sama isinya. Makanya yang makan lebih nikmatin rasa berbagai ham bareng sama sayur-sayuran deh.

Sisi laen yang menarik dari masakan ini tuh dari asal usul namanya. Secara tata bahasa, namanya tuh berarti SUP MILITER sialnya istilah Budae artinya “satuan militer”. Nah hubungannya ini masakan sama itu nama tuh gini nih ceritanya.

Abis perang Korea, masyarakat Seoul kekurangan daging *yaolo abis perang minta daging, buset makmur amat dahh heran gw. Makanya sebagian besar orang sana akhirnya masak sup dengan berbagai jenis ham yang didapet dari daerah Eujeonbu yang notabenenya banyak tentara Amerika ditempatkan di situ. Gara-gara sup ham ini dimasak dengan bumbu tradisional Korea, Gochujang, maka masyarakat yang pengen banget makan daging jadi kehibur dehh sama ini masakan punya. Namun kesukaan masyarakat Korea sama masakan Budaejjigae itu ternyata diteruskan sampe sekarang dan banyak banget nongol di restoran khusus Budaejjigae, terutama di daerah Eujeongbu, bagian utara Seoul. Di sana ada banyak banget rumah makan yang ngejual sup ham itu dengan nama aslinya.

Masakan ini biasanya dimakan sambil dimasak di atas meja makan langsung. Uniknya, biasanya orang-orang nambahin mie di kuahnya. Makanya nongol dehh rasa mie instant yang baru. Bahan sederhana dapat membuat masakan ini disukai oleh semua orang baik anak-anak maupun dewasa.

Bahan-bahan:
100g ham
100g sosis
100g jamur jenis apa saja
1/2 buah bawang bombai
1 batang daun bawang
1 buah cabe
2 lembar keju
1 sdm mentega
6 gelas air
2 sdm bubuk cabe
2 sdm Gochujang
2 sdm bawang putih cincang halus
1 sdm kecap asin
sedikit lada

Cara membuat:

  • Potong ham dan sayur-sayuran dengan ukuran sedang
  • Campurkan bahan bumbu
  • Tempatkan semua bahan dalam panci lalu tuangkan air
  • Setelah dididih masukkan mentega
  • Setelah semua bahan matang masukkan campuran bumbu
  • Matikan api lalu taruh lembaran keju di atasnya.
  • Sajikan dengan nasi putih saat masih panas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: