Vhivi Queensyca's Blog

Kimchijjim

Posted on: Januari 9, 2010

Masih inget kan soal penyakit akibat virus H1N1 yang nular nya udah nyampe kemana-mana? Jadi gak bisa dibilang berlebihan kalo apa pun yang kita lakuin tuh sebagai wujud usaha untuk nyegah kena tuh penyakit. Tapi nih, berdasarkan beberapa laporan medis yang dilakukan terhadap makanan asli Korea yang namanya Kimchi [asinan ala Korea] ternyata ditemukan fakta kalo tuh asinan bermanfaat banget buat nyegah flu baru yang lagi sibuk melebarkan sayap itu. Kimchi itu sendiri sekarang udah bukan cuma makanan khas Korea doang soalnya udah nyebar di seluruh pelosok dunia.

Sekarang ada salah satu makanan yang okeee banget namanya Kimchijjim, yang merupakan salah satu masakan dari Kimchi. Bahan utamanya Kimchi sama daging dan tampilan akhirnya mirip sama Kimchi Jjigae ato sup Kimchi, tau gak?

Makanan ini mulai populer sejak tingkat kebosanan masyarakat Korea sama yang namanya Kimchijjigae. Dibandingkan dengan Kimchijjigae atau sup Kimchi, Kimchijjim berkuah sedikit dan daging yang dipake lebih banyak. Trus Kimchi yang dipake namanya Mukenji yang rasanya asem soalnya udah lama disimpen, yang kadang-kadang lamanya bisa sampe beberapa tahun. Makanya hasil dari Kimchijjim itu tar kental banget gitu.

Bahan-bahan:
500g Kimchi sawi putih
100g daging sapi
0.5 liter air kaldu
1/2 buah bawang bombai

Cara membuat:

  • Potong daging sapi agak besar
  • Potong bawang bombai
  • Siapkan air kaldu
  • Letakkan Kimchi di dalam panci. Kimchinya tidak usah dipotong dulu
  • Tempatkan daging sapi di antara lembaran Kimchi sawi dalam panci
  • Masukkan bawang bombai
  • Tuangkan air kaldu
  • Masak dengan api besar sampai mendidih kemudian kecilkan apinya dan masak sampai Kimchi menjadi lembut sekali
  • Sajikan bersama dengan nasi putih yang hangat

Selain merangsang nafsu makan, Kimchijjim dijamin juga baik untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: